Rabu, 29 Agustus 2012

Sumpah Pemuda



Pertama
Kami putra dan puteri Indonesia, mengakoe bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa yang satu, bahasa Indonesia.
Proses kelahiran Bangsa Indonesia merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas di bawah kekuasaan kaum kolonialis penjajah pada saat itu. Kondisi ketertindasan inilah yang kemudia mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup bangsa Indonesia. Tekad dan semangat tersebut kemudian menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia sehingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.
Makna Peringatan Sumpah Pemuda
Eksistensi pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting, karena merekalah yang memiliki potensi untuk mewarnai perjalanan sejarah sebuah bangsa dan umat manusia pada umumnya.
Bagi kaum muda Indonesia, Hari Sumpah Pemuda selalu memicu inspirasi dan motivasi baru untuk memajukan bangsa Indonesia. Setiap tahun kita berkesempatan merasakan kembali tekad, semangat, dan harapan pemuda-pemudi di zaman pergerakan itu akan Indonesia yang bersatu: Satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa Indonesia.
Cita-cita luhur itu telah merajut kemajemukan menjadi suatu keutuhan yang bertujuan merdeka dan bebas dari kekangan untuk menentukan masa depan sendiri. Para pemuda-pemudi saat itu juga sangat sadar bahwa tuntutan mereka mensyaratkan tanggung-jawab bersama yang terus-menerus untuk membuktikan kemampuan bangsa ini mewujudkan harapan-harapan rakyatnya. Kekuatan tekad dan semangat mereka ini adalah dasar dari karakter bangsa Indonesia, khususnya para pemuda, yang harus terus kita kembangkan.
Tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82 tahun ini : “Bangun Karakter Pemuda Demi Bangsa Indonesia Yang Maju dan Bermartabat” mengandung pesan bahwa langkah menuju Indonesia yang maju dan bermartabat sangat bergantung pada karakter pemuda yang kokoh di atas semangat persatuan dan kesatuan Indonesia. Karakter yang kokoh ini bercirikan semangat patriotik, jiwa nasionalis, jati diri yang mengakar, wawasan luas, kecerdasan yang mencerahkan, kepedulian yang merekatkan, serta keteguhan untuk bersatu yang semuanya dinaungi oleh nilai-nilai Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pemuda Indonesia dengan kepribadian Indonesia yang tertanam dalam jiwanya akan mampu berpengaruh besar dalam menentukan arah dan langkah bangsa ketika menghadapi persoalan-persoalan kini dan di masa depan. Untuk itu, pemuda Indonesia harus terus-menerus mempersiapkan diri, baik secara individu maupun bersama-sama, untuk memupuk, memelihara, dan memperkokoh kepribadian Indonesia.
Di era digital berbasis IT seperti sekarang ini sebuah informasi sudah menjadi sebuah kebutuhan dan gaya hidup. Untuk itu peran dan kontribusi kaum muda sangat dibutuhkan, dalam kontek ini peran serta para blogger yang notabene sebagian besar adalah para kaum muda menjadi sangat urgen dan strategis. Sebagai seorang blogger mudah-mudahan bisa berperan dan berkontribusi untuk bisa senantiasa membuat konten-konten yang bersifat membangun, konstruktif dan positif dan bermanfaat (internet sehat) untuk kemajuan bangsa dan negara ini. Majulah bangsaku, bangkitlah negeriku.

1 komentar:

My-Axes mengatakan...

Join balik y...
Haha...
Trus semangat dalam blogging.
http://my-axes-educate.blogspot.com